Francesco Calzona Janjikan Napoli yang ‘Baru’

Francesco Calzona

Francesco Calzona akan melakoni pertandingan pertamanya sebagai pelatih Napoli dengan menghadapi Barcelona pada Kamis (22/2) dini hari WIB.

Sosok berusia 55 tahun itu baru saja ditunjuk pada awal pekan ini setelah klub memecat Walter Mazzari akibat serangkaian hasil buruk.

Pada musim ini, Napoli memang kehilangan keseimbangan setelah ditinggal oleh Luciano Spalleti, pelatih yang membawa mereka menjadi juara Serie A 2022/2023.

Sebelum Mazzari, Napoli pun sudah terlebih dahulu memecat Rudi Garcia.

Namun, seluru usaha tersebut nyatanya belum membuahkan hasil. Kini, Napoli hanya berada di posisi sembilan saja di Serie A.

Calzona akhirnya dipilih karena dinilai sudah sangat mengenal tim ini. Pasalnya, ia merupakan asisten pelatih di era Spalletti dan juga mantan pelatih Napoli lainnya, Maurizio Sarri.

Baca juga: Pep Guardiola Minta Maaf Pernah Sebut Kalvin Phillips Gendut

Jelang pertandingan pertamanya tersebut, Calzona pun berjanjikan akan membangun ulang Napoli dan memberi mereka sebuah identitas.

“Kami memulai lagi semuanya per hari ini. Kami mengulang semuanya dan memulai jalan yang baru. Saya berada di sini untuk memberikan tim ini sebuah identitas,” ungkapnya.

“Saya merasa tim ini sangat berkomitmen. Kami tidak banyak berbicara karena yang kami butuhkan saat ini adalah aksi, alih-alih kata-kata.”

“Kami memiliki waktu yang sedikit untuk mempercepat proses pembelajaran. Saya sudah memberi tahu para pemain bahwa tidak ada alasan dan kami harus loyal kepada diri sendiri,” tegasnya.

Bukti ketegasan Calzona tersebut pun tampak dari pernyataannya yang menyebut bahwa Napoli tidaklah takut kepada Barcelona.

“Mereka (Barcelona) adalah tim dengan para pemain top dan pelatih cemerlang. Namun, kami adalah Napoli dan kami tidak boleh takut kepada siapa pun,” pungkas Calzona.

Dalam laga nanti, Calzona pun akan mendapat dukungan dari para pendukung klub karena mereka yang akan bertindak sebagai tuan rumah terlebih dahulu di Stadio Diego Armando Maradona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *