Korea Selatan Pecat Jurgen Klinsmann

Jurgen Klinsmann

Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) memutuskan untuk memecat Jurgen Klinsmann sebagai pelatih mereka pada Jumat (16/2).

Keputusan ini diambil setelah sehari sebelumnya, sebuah komite penasihat menyarankan hal demikian kepada KFA.

Klinsmann dinilai gagal menghadirkan kemajuan bagi Timnas Negeri Ginseng, terutama setelah mereka disingkirkan oleh Yordania dengan skor 0-2 dalam babak semifinal Piala Asia 2023.

Selain itu, Klinsmann juga dinilai kurang menghormati pekerjaannya. Salah satu alasannya, dia kerap bekerja secara jarak jauh dari tempat tinggalnya di Amerika Serikat.

Bahkan, seperti yang dilaporkan The Guardian, dalam pertemuan bersama komite penasihat tersebut, Klinsmann hadir melalui sambungan video.

Presiden KFA, Chung Mong-gyu, akhirnya mengambil keputusan demikian. Menurutnya, Klinsmann memang gagal memberikan kemampuannya serta kepemimpinannya.

Baca juga: Parade Juara Kansas City Chiefs Dinodai Penembakan

Padahal, seperti diketahui, mantan bintang asal Jerman ini baru saja ditunjuk pada 2023 dan sejatinya dikontrak hingga Piala Dunia 2026.

“KFA memutuskan untuk mengganti pelatih kepala tim nasional setelah ulasan yang komprehensif. Klinsmann telah gagal menunjukkan kemampuan melatih dan kepemimpinan yang diharapkan dari seorang pelatih kepala dalam berbagai area, dari mulai taktik, manajemen personal untuk memperbaiki perilaku, dan berbagai hal lainnya yang dibutuhkan untuk menghadirkan daya saing ke dalam tim,” ucap Chung dikutip Yahoo Sport.

“Sikap Klinsman dan daya saingnya sebagai pelatih berada di bawah ekpektasi orang-orang dan telah disepakati bahwa situasi ini tidak akan membaik ke depannya. Jadi, kami memutuskan untuk mengubah pimpinan menjelang pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026,” tutup pernyataan dari Chung Mong-gyu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *